Selasa, 27 Oktober 2020

Mengenal Apa Itu Podcast & Perkembangannya Saat Ini

 


  3 min read

Apa itu podcast

Apakah Anda pernah mendengar Podcast? Mungkin sebagian besar dari Anda belum mengerti apa itu Podcast. Namun, Podcast sudah sangat tenar alias populer di mancanegara, seperti Amerika, UK, dan Australia. Podcast adalah siaran non-streaming yang disampaikan melalui audio. Bisa dikatakan mirip dengan radio, tetapi juga memiliki perbedaan yang nyata dengan radio.

Daftar Isi  show 

Ada banyak hal yang bisa didapatkan dengan memanfaatkan Podcast, seperti menambah ilmu pengetahuan dan juga sharing dari berbagai pakar sesuai bidangnya.  Pastinya Anda masih bingung dengan apa sih Podcast itu, karena memang masih sangat jarang digunakan di Indonesia. Namun, lambat laun Podcast ini akan menjadi booming di Indonesia.

Apa Itu Podcast?

Apa itu podcast
Apa itu podcast

Podcast adalah berkas digital berupa audio yang pendengarnya diharuskan untuk mengunduh terlebih dahulu untuk bisa mendengarkan audio tersebut. Podcast ini adalah audio non-streaming, sehingga sangat berbeda dengan radio. Podcast ini telah banyak digunakan oleh masyarakat untuk mendengarkan berita, ilmu pengetahuan, dan sharing ilmu pengetahuan yang bersifat dapat diulang.

Bisa diulang, karena memang sudah diunduh diawal. Hal ini bisa menjadi kelebihan tersendiri dari Podcast dibandingkan dengan radio. Bahkan, Anda akan dapat mendengarkan Podcast sambil menunggu kereta, sambil menyantap sarapan, dan momen lainnya dan memasukkan ke dalam gadget untuk lebih praktisnya.

Ada banyak sekali topik yang bisa Anda pilih di Podcast. Jadi berbeda dengan radio yang mau tidak mau ya harus mendengarkan semua berita, informasi, dan juga iklan yang disiarkan melalui radio. Bahkan, Podcast ini bisa menjadi ladang investasi berbiaya rendah, karena tidak memerlukan stasiun radio. Pendengar juga memiliki kesempatan untuk dapat memilih mengunduh topik yang sesuai dengan selera.

Setidaknya ada ribuan kategori topik yang bisa Anda pilih di Podcast. Beberapa dari kategori tersebut adalah Arts, Business, Comedy, Education, Games & Hobbies, Health, dan sebagainya. Di setiap masing-masing kategori juga ada banyak macam-macam jenis audio juga. Tidak perlu untuk mendengarkan semua dan hanya perlu unduh yang Anda minati saja.

Sebagian besar masyarakat yang ada di Amerika memiliki kecenderungan untuk memilih download kategori TV Series, sehingga mereka bisa update tentang informasi terbaru mengenai dunia film. Hal ini yang menyebabkan stasiun radio di Amerika mengalami penurunan drastis jumlah pendengar setelah hadirnya Podcast.

Sampai dengan saat ini, sebagian besar Podcast masih disampaikan dalam bahasa Inggris. Hitung-hitung sekalian Anda belajar listening dalam bahasa Inggris. Apabila Anda berniat untuk mendengarkan Podcast dalam bahasa Indonesia, maka Anda bisa buka Radio BBC Indonesia. Suatu saat Podcast ini akan menjadi semakin terkenal di Indonesia, karena ada banyak kota besar yang berpotensi di Indonesia.

Daripada Cuma bengong diam tidak melakukan apapun, Anda bisa memilih untuk mendengarkan topik yang menarik. Perkembangan Podcast di Indonesia berpotensi pesat, karena Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk mendengarkan iklan yang tidak menarik. Tidak ada juga selingan lagu dan bisa terus dengarkan topik yang diminati sampai akhir.

Ide tema bahasan untuk Podcast biasa disampaikan dalam bentuk episode-episode. Durasi dari setiap episode biasanya berkisar pada 10 menit hingga 90 menit. Panjang durasi ini bergantung pada si Podcaster alias orang yang membuat Podcast dan apa yang sedang dibahas. 

Baca juga : Pentingnya Memiliki Website Bisnis

Sejarah Podcast

Podcast Spotify
Podcast Spotify

Setelah memahami mengenai apa itu Podcast, ada baiknya juga Anda memahami sejarah dari kehadiran Podcast sampai dengan perkembangannya saat ini di Indonesia. Podcast ini pertama kali muncul dalam artikel yang dibuat oleh Ben Hammersley dalam surat kabar The Guardian tahun 2004 lampau. Podcast sendiri awalnya berasal dari kata Pod yang berarti Playable on Demand.

Podcast ini memang dahulu dirancang untuk dapat diputar pada Mac dan juga iPod. Podcast ini menjadi semakin populer pada satu tahun berikutnya sempat jadi sangat booming pada 2007. Bahkan popularitas Podcast ini terus berkembang cepat sampai dengan saat ini. Sebagian besar orang Indonesia juga sudah terbiasa mendengarkan Podcast ini sejak tahun 2012.

Cara mendapatkan audio Podcast pada zaman dahulu berbeda dengan yang ada pada zaman sekarang. Jaman dahulu internet belum sepopuler sekarang. Saat ini, Anda akan dapat dengan mudah mengunduh dan berlangganan melalui iPhone atau Android Anda. Sistem akses yang fleksibel ini membuat Podcast menjadi semakin booming diakses banyak pendengar.

Baca juga : Cara Membuat Bisnis Plan

Cara Membuat Podcast

Podcast Setup
Podcast Setup

Sekarang Anda tertarik untuk tidak hanya sekedar menjadi pendengar di Podcast dan ingin turut andil dalam meramaikan topik di Podcast. Itu adalah hal yang baik, karena Anda bisa bertukar ilmu dan sharing tentang apa saja di Podcast. Pastikan untuk mencari topik yang Anda sukai, sehingga pembahasan bisa menjadi lebih dalam dan membuat orang lain menjadi tertarik untuk mendengarkan.

Membahas topik yang Anda suka bisa menjadi trik agar Podcast ramai pendengar. Usahakan juga untuk membuat gaya penyampaian yang unik dan mendetail. Semakin banyak orang yang mendengarkan Podcast Anda, maka itu adalah pencapaian yang baik. Anda akan dapat melihat hasilnya melalui platform Podcast Anda.

Soundcloud
Soundcloud

Anda bisa memasukkan audio Anda ke Soundcloud maupun Apple Podcast. Kalau saat ini sih, audio dari Podcast juga bisa diunduh oleh smartphone Android. Jadi kesempatan Anda untuk bisa didengarkan oleh banyak orang menjadi lebih besar.

Salah satu tips mengelola Podcast yang baik dan benar adalah berusaha untuk selalu update ilmu pengetahuan Anda seputar topik yang Anda sukai. Anda juga tidak perlu untuk menggunakan alat perekam mahal untuk bisa masuk dalam dunia Podcast. Tidak perlu sampai harus tunggu beli microphone dan juga mixer super canggih untuk bisa masuk ke dunia Podcast.

Anda cukup berbekal dengan software perekam suara dan juga pengedit suara saja. Tidak pernah ada salahnya untuk mencoba, karena Anda tidak perlu untuk mengeluarkan budget dalam jumlah besar untuk menjadi masuk ke dunia Podcast.

Untuk membuat efek audio yang tidak monoton, maka Anda dapat menambahkan musik pembuka dan juga penutup. Biar terdengar lebih professional seperti seorang penyiar radio asli. Anda perlu mengunggah audio Anda ke platform yang memang sudah ramai pendengar, seperti Soundcloud. Ada biaya yang perlu dikeluarkan setiap bulannya saat Anda ingin mengunggah di Soundcloud.

Selain dari Soundcloud, Anda juga dapat mengunggah di platform Anchor. Platform yang satu ini akan langsung terhubung dengan Spotify yang sudah sangat populer. Anda juga tidak perlu bayar di Anchor, sehingga sangat berbeda dengan platform Soundcloud. Anda perlu untuk mengunggah gambar cover untuk akun Anda agar semakin menarik.

Ingin sukses di dunia Podcast, maka Anda perlu telaten dalam menjalaninya. Apabila dalam sekali unggah, pendengar dari Podcast Anda belum banyak, maka cobalah untuk menjadi lebih kreatif dalam menyampaikan topik. Usahakan untuk selalu update episode, sehingga jumlah pendengar di platform Anda akan terus bertambah. Konsisten adalah kunci dari kesuksesan dalam dunia Podcast.

Nah bagi Anda yang membutuhkan layanan Email Marketing untuk memperbesar bisnis, kami memiliki rekomendasi layanan email marketing MailToGo by Qwords.com. Cukup dengan harga 66.000/bulan Anda sudah bisa mengirimkan penawaran, diskon, promosi dan produk baru kepada ribuan database email pelanggan bisnis dengan sekali klik. Tunggu apalagi miliki sekarang juga layanan email marketing tools dari kami.

Terima kasih

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Unggulan

Apa itu virtual Office.

Sebuah KANTOR VIRTUAL adalah kombinasi dari layanan komunikasi dan alamat  yang memungkinkan pengguna untuk mengurangi biaya ka...